Rangkuman Bab 3 BTIK

 A.  TIK yang mengubah kehidupan manusia.

Peranan TIK dalam kehidupan manusia yaitu sebagai berikut :

1.  Berbagai Kemajuan Teknologi

 Misalnya, aplikasi pengiriman pesan yang dilengkapi fitur panggilan suara dan video. Beberapa teknologi dasar yang mengawali dan memungkinkan berbagai aplikasi teknologi dilahirkan dan digunakan : 

a.  Machine Learning

Yaitu teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan komputer berperilaku atau berpikir layaknya manusia. Machine Learning menjadi salah satu teknik kunci untuk memecahkan berbagai permasalahan di berbagai bidang, diantaranya sebagai berikut : 
1. Komputasi keuangan untuk analisis kredit dan algoritma transaksi di pasar saham.
2. Pengolahan gambar dan computer vision untuk pengenalan wajah, pendeteksi gerakan, dan pendeteksi        objek.
3. Komputasi biologi untuk mendeteksi tumor, penemuan obat, dan pengurutan DNA.
4. Produksi energi untuk penentuan harga dan perkiraan kebutuhan masa depan.
5. Otomotif, pesawat udara dan manufaktur, untuk memprediksi jadwal dan kebutuhan pemeliharaan.
6. Pemrosesan bahasa natural, untuk aplikasi pengenalan suara.

b.  Computer Vision.

Yaitu bagian dari artificial intelligence yang mengembangkan teknik untuk membantu komputer dapat melihat dan memahami konten gambar digital, seperti foto dan video. Computer Vision menjadi teknologi inti dalam berbagai aplikasi seperti self driving, drone, pengenalan wajah, dan banyak lagi. Computer vision memiliki berbagai tujuan sebagai berikut :
1. Klasifikasi objek
2. Identifikasi objek
3. Verifikasi objek
4. Deteksi objek
5. Deteksi landmark objek
6. Segmentasi objek
7. Pengenalan objek

c.  Natural Languange Processing (NLP)

Yaitu bagian dari teknologi artifical intelligence yang memungkinkan suatu mesin membaca, memahami, dan mengetahui arti bahasa manusia. 



Beberapa pengembangan teknologi NLP seperti berikut : 
1. Chatbot
2. Translate
3. Analisis sentimen
4. Search Auto Complete
5. Descriptive analytic
6. Search Auto Correct
7. Form Spelling Check

d.  Jaringan 5G

Mempunyai kecepatan 20 Gbps saat download dan 10 Gbps saat upload.
Tiga kategori utama dari penggunaan teknologi 5G, yaitu:
1. Komunikasi mesin ke mesin secara masif
2. Komunikasi ultra reliable dengan latensi rendah
3. Meningkatkan layanan telepon mobile

e.  Internet of Things (loT)

Yaitu teknologi yang memungkinkan berbagai perangkat terhubung ke jaringan internet.
Contohnya yaitu teknnologi smart camera untuk mengawasi lalu lintas.

2.  Electronic commerce

Yaitu perdagangan yang digunakan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet.



Keuntungan yang diperoleh perusahaan yaitu : 
a. Perusahaan dapat menjual produknya kepada lebih banyak orang.
b. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi
c. Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan.
d. Harga barang dapat dijual lebih rendah untuk memikat konsumen.

Keuntungan yang diperoleh konsumen :
a. Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk membeli barang.
b. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi.
c. Mempunyai lebih banyak pilihan barang. 
d. Dapat membeli barang luar negeri.
e. Harga barang lebih murah.

3.  Pembayaran online

Yaitu layanan internet yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara online ketika melakukan transaksi di internet.

4.  Internet banking dan SMS banking 

Internet banking, yaitu layanan perbankan yang dilakukan melalui internet. Keuntungannya kepada bank adalah dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. Keuntungannya kepada nasabah bank adalah nasabah bank tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. SMS Banking, yaitu layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS. 

5.  Pembayaran digital  

Yaitu metode transaksi melalui media digital. 
Contoh aplikasinya adalah Venmo, Google Wallet, Apple Pay, dan banyak lagi.
Uang digital, diterima oleh masyarakat karena mendukung sistem transaksi yang tiada batas, dapat digunakan dimana saja, dan menggunakan aturan yang tidak melibatkan pemerintah.
Aplikasi pembayaran dari media sosial contohnya adalah snapchat, yang mengeluarkan snapcash, pinterest dengan amazon, dan banyak lagi. 

6.  E- Government

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan memberikan keuntungan kepada masyarakat yaitu sebagai berikut :
a. Meningkatnya layanan kepada masyarakat
b. Meningkatnya hubungan hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi lebih mudah diperoleh.
c. Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat sehingga membuat masyarakat dapat mengambil keputusan dengan benar.
d. Hilangnya birokrasi yang selama ini menjadi halangan bagi dunia usaha dan masyarakat apabila berhubungan dengan pemerintah. 

7.  Transportasi berbasis online 

Contohnya adalah uber yang ada sejak maret 2009. Ide erdirinya Uber muncul ketika dua orang sahabat Travis Kalanick dan Garrett Camp kesulitan mendapatkan tumpangan taksi di malam hari di musim dingin di Paris. 

8.  Telepon seluler 

Berkembang dari teknologi radio yang telah ada sejak tahun 40an. Teknologi seluler modern muncul pada tahun 1947. Dan mulai digunakan sejak tahun 1967. 

9.  E- Health 

Yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Peranannya yaitu sebagai berikut :
1. Administrasi
2. Perawatan pasien langsung
3. Engineering
4. Informatika
5. Bio medicine

Aplikasi yang menggunakan E- Health :
a. Konsultasi Dokter Online
b. Electronic Health Record, yaitu sistem rekam medis elektronik
c. Clinical Decision Support System, merupakan sistem pintar yang dilengkapi dengan kecerdasan            buatan dan data yang cukup sehingga mampu memberikan rekomendasi diagnosis dan penanganan        kepada dokter dan perawat.
d. WebMD Pain Coach, digunakan untuk manajemen pemicu dan tren untuk meningkatkan kualitas           hidup.
e. Glucose Buddy, digunakan untuk pengaturan gula darah.
f. uChek, yaitu aplikasi yang membantu pengguna untuk menganalisis sampel urine untuk sepuluh            kondisi yang ditandai. 
g. Clinical Trial Seek, digunakan untuk mencari pasien dan dokter yang bersedia untuk melakukan uji      klinis.
h. Healty Heart 2, digunakan oleh pasien yang memiliki risiko penyakit jantung yang tinggi.
i.  Kardia Mobile, ditujukan untuk pengguna yang memiliki gejala penyakit jantung.
j.  CDC, yaitu aplikasi yang menyediakan berbagai informasi kesehatan.
k. Operasi Jarak Jauh

10.  Mobil Self - Driving

Teknologi ini memungkinkan kendaraan bergerak sendiri tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi.
Tujuan adanya teknologi self driving yaitu :
a. Untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang.
b. Menjangkau semua pergerakan di jalan raya.

Beberapa teknologi yang digunakan yang membuat mobil self driving dapat direalisasikan, antara lain :
a. Sensor loT untuk mengawasi lingkungan dan pergerakan dari benda atau orang disekelilingnya.
b. Konektivitas loT untuk mendapatkan data jalan, cuaca, peta, dan lain lain.
c. Algoritma perangkat lunak agar dapat mengambil keputusan apakah harus berhenti, jalan, mempercepat, memperlambat, dan lain lain.

B.  Media sosial dan dampak penggunaannya

1.  Media sosial

Yaitu saluran komunikasi kolektif yang dilakukan secara online.
Media sosial dilengkapi oleh struktur :
1. Akun pengguna
2. Profil pengguna
3. Teman teman, Pengikut, Grup, Hashtags, dan lain lain.
4. News Feeds
5. Notifikasi
6. Memperbarui dan memposting informasi
7. Tombol like dan komentar
8. Review, Rating, Voting

Beberapa fitur yang digunakan untuk menjaga kenyamanan dan kesenangan, serta agar terhindar dari bahaya :
a. Mengatur profil dan privasi
b. Unfollow
c. Unfriend
d. Block
e. Mematikan notifikasi
f. Menghentikan komentar
g. Mengatur postingan dan komentar

2.  Manfaat penggunaan media sosial

Untuk berpendapat, beropini, berbagi ilmu pengetahuan, dan memberikan kesempatan untuk kaum minoritas, kelompok yang tertindas, atau para pejuang tertentu untuk menyampaikan suara dan apa yang mereka perjuangkan.

3.  Dampak Buruk Media Sosial

a.  Spam
b.  Cyberbullying
c.  Cyberstalking
d.  Memanipulasi Jati Diri
e.  Informasi yang berlebihan
f.  Berita palsu / Hoaks
g.  Privacy / Security
h.  Penipuan
i.  Phubbing
j.  Kecanduan dan gangguan kesehatan
k. Ujaran kebencian
l.  Mengancam presiden/ wakil
m. Konten Negatif
n.  Penghinaan dan pencemaran nama baik
o.  Pemerasan dan Pengancaman

4.  Etika penggunaan media sosial

a.  Menjaga privasi pribadi dan orang lain
b.  Hati hati memposting sesuatu
c.  Memberi komentar yang wajar
d.  Menggunakan bahasa yang baik
e.  Tidak memposting konten negatif
f.  Menghargai karya orang lain
g.  Tidak memberikan hoaks
h.  Menggunakan etika komunikasi yang baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Bab 4 BTIK

Latihan Akhir Bab 3 Informatika

Liburan Akhir Tahun